RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Arjawinangun
Mata Pelajaran : Budi Pekerti
Kelas / Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
1.
Standar Kompetensi :
1. Memahami Akhlak Terhadap Teman
2.
Kompetensi Dasar :
1.1. Berperilaku Sopan Santun Terhadap
Teman
3.
Indikator :
1.1.1. Menyebutkan cara mencintai teman
sebagaimana mencintai diri sendiri
1.1.2. Menjelaskan keuntungan
menghormati yang lebih tua
1.1.3. Menjelaskan cara menyayangi yang
lebih muda
4.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan ke 1
Siswa dapat menyebutkan cara mencintai
teman, keuntungan menghormati yang lebih tua dan cara menyayangi yang lebih
muda.
·
Karakter siswa yang
diharapkan:
-
Religi
-
Kedisiplinan
-
Kejujuran
5.
Materi Pembelajaran
Sopan Santun Terhadap Teman
6.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya
jawab
·
Diskusi
7.
Sumber Belajar
-
Buku
terjemah akhlak lil banin
-
Aqidah
akhlak untuk MTS
8.
Langkah- langkah kegiatan
pembelajaran
Peremuan ke 1
Pendahuluan
Appersepsi
-
Bagaimanakah
cara bersikap sopan terhadap teman?
-
Apakah
sikap sopan santun itu perlu?
Memotivasi
-
Bagaimanakah
cara bersikap sopan terhadap teman?
-
Apakah
sikap sopan santun itu perlu?
Kegiatan Inti :
Eksplorasi
- Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip akan
-
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi
- Memfasilitasi peserta didik melalui
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis
- Guru memberi kesempatan pada siswa untuk
mepresentasikan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain agar memberikan
tanggapan
Konfirmasi
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan kesimpulan
Kegiatan Akhir
-
Gurubersama
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
-
Memberikan
tugas rumah (tugas individu) tentang sikap sopan santun
9.
Penilaian
a.
Teknik Penilaian
Tes tertulis
Tes lisan
b.
Bentuk Penilaian
Pilihan ganda
Essay
c.
Instrumen
1. Teman yang baik adalah .......
a.
Masa
bodoh c. Tidak peduli
b.
Mengingatkan
bila lupa d. Menjerumuskan
2. Jelaskan bagaimana cara menghormati
orang yang lebih tua?
d.
Kunci Jawaban
1. b. Mengingatkan bila lupa
2. – Berbicara sopan dan dantun
-
Mencium
tangannya bila berjabat tangan
-
Bersikap
hormat
e.
Kriteria penilaian
Jawaban yang benar untuk nomor :
1. skor :50
2. skor: 50
Jumlah skor : 100
Arjawinangun , 15 Juli
2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Bidang Studi
H.JAYANI,S.Pd,M.M. SAYIDI, S.Ag.
NIP.
19630601 198703 1 009
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Arjawinangun
Mata Pelajaran : Budi Pekerti
Kelas / Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
1.
Standar Kompetensi :
1. Memahami Akhlak Terhadap Teman
2.
Kompetensi Dasar :
1.1. Berperilaku Sopan Santun Terhadap
Teman
3.
Indikator :
1.1.4. Menjelaskan cara menjaga hubungan
baik dengan teman
1.1.5. Menjelaskan saling menasehati dan
membantu teman yang dibolehkan ajaran Islam
1.1.6. Membiasakan saling menasihati dan
membantu teman yang mengalami kesulitan
4.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan ke 2
-
Siswa
dapat menyebutkan cara menjaga hubungan baik dengan teman, saling menasihati
dan saling membiasakan membantu teman yang mengalami kesulitan.
·
Karakter siswa yang
diharapkan:
-
Religi
-
Kedisiplinan
-
Kejujuran
5.
Materi Pembelajaran
Sopan Santun Terhadap Teman
6.
Metode Pembelajaran
·
Diskusi
·
Tanya
jawab
·
Penugasan
7.
Sumber Belajar
-
Buku
terjemah akhlak lil banin
-
Aqidah
akhlak untuk MTS
8.
Langkah- langkah kegiatan
pembelajaran
Peremuan ke 2
Pendahuluan
Appersepsi
-
Salam,
absensi, dan mengkondisikan peserta didik
-
Bagaimana
cara menerapkan sikap sopan santun terhadap teman?
Memotivasi
-
Bagaimanakah
cara bersikap sopan terhadap teman?
-
Apakah
sikap sopan santun itu perlu?
Kegiatan Inti :
Eksplorasi
- Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip akan
-
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi
- Memfasilitasi peserta didik melalui
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis
- Guru memberi kesempatan pada siswa untuk
mepresentasikan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain agar memberikan
tanggapan
Konfirmasi
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan kesimpulan
Kegiatan Akhir
-
Guru
bersama peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
-
Memberikan
tugas rumah (tugas individu) tentang sikap sopan santun
9.
Penilaian
a.
Teknik Penilaian
Tes tertulis
Tes lisan
b.
Bentuk Penilaian
-
Essay
-
Pilihan
ganda
c.
Instrumen
1.
Sebutkan
4 hak seorang teman atas teman yang lainnya?
2.
Mengapa
kita harus memilih dan memilah dalam berteman?
d.
Kunci Jawaban
1. Mengingatkan kalau lupa, menolong kalau
dibutuhkan, menghibur kalau sedang sedih, memaafkan bila salah
2. Karena teman merupakan wadah yang bisa
mencetak perilaku diri kita menjadi baik atau buruk
e.
Kriteria penilaian
Jawaban yang benar untuk nomor :
1.
skor
: 50
2.
skor
: 50
Jumlah skor : 100
Arjawinangun , 15 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Bidang Studi
H.JAYANI,S.Pd,M.M. SAYIDI, S.Ag.
NIP.
19630601 198703 1 009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar